Pages

Zombie Blogspot

Zombie Blogspot
Blog Zombie PR dan PA

Bikin Tools Riset Keyword Sendiri Biar Kerjaan Riset Keyword Jadi Penuh Warna

Bismillah.

Pertama-tama. Oke itu judulnya lebay.

Kedua. Akhirnya diberi kesempatan lagi buat share di forum ini. Karena kesibukan macem-macem, sekaligus nyiapin S2 di UI (doain biar cepet lulus ya gan). Ada juga yang rese maen negative SEO. *ngakak*

Okay. Udah banyak yang nge-share cara riset keyword kan disini. Nah, saya mau nge-share lagi cara riset keyword yang asik bin penuh warna

Perlu diketahui, kalo rata-rata tools riset keyword kan ambil databasenya dari Google tuh. So, kita manfaatin juga itu.
Kemudian, masing-masing tools riset keyword punya algoritma sendiri buat mengecek tingkat kompetisi. Nah lho...

Sekarang pertanyaannya, gimana algoritmanya ? Nah, kalo saya gak percaya algoritmanya gimana ? Kalo gak nyaman sama cara perhitungannya gimana ?
Ujung-ujungnya kita cari yang bisa bikin kita nyaman kan ? #tsahhhhh

Nah, cara yang bakal saya jabarin ini boleh ditiru, boleh juga engga. Cuma, saya sih nyaman pake cara gini. Soalnya seneng, liat yang warna-warni.
================================================== ================================================== ==

Sekarang buka aplikasi Excel agan.

1. Bikin kolom-kolom kaya gini --> Keyword, Avg. Monthly Searches, Competition, Suggested bid, KC, WC


Terus agan pilih tab INSERT, pilih Table. Kemudian check dibagian "my table has a header".


2. Nah, dibagian WC, WC ini buat ngehitung jumlah word yang ada di keyword. Jadi biar kita bisa nyari long tail keyword. Masukin rumus ini di kolom dibawah WC.

=LEN(TRIM([@Keyword]))-LEN(SUBSTITUTE([@Keyword]," ",""))+1



3. Kemudian dibagian KC (Keyword Competitivenes), saya pake algoritmanya Larry's Priority [LAGI]. Itu hampir mirip kaya prinsip ekonomi sih. Ada pasar (avg. Monthly Searches), ada penawaran (suggested bid), ada kompetitor (Competition). Masukin rumus ini dibawah kolom KC.

=(([@[Avg. Monthly Searches]]*[@[Suggested bid]])/[@Competition])



Note: Rumus di KC ini menyesuaikan dengan nama header di tabel agan ya.

Nah, dari langkah 1-3 diatas, kita kasih nama FILE KEYWORD ANALYZER ya. Sepakat!

4. Sekarang agan masuk ke Google Keyword Planner. Disini prosesnya kaya biasa aja, masukin general keyword yang mau agan kejar. Kemudian, download semua list keyword ke file Excel.
Disini saya contohkan keyword "Paleo Recipe".

Setelah di download ke Excel, agan buka file tersebut, dan delete kolom-kolom yang tidak perlu, sehingga hanya menyisakan kolom Avg. Monthly Searches, Competition, dan Suggested bid. Termasuk, delete juga header atau baris pertama dari kolom tersebut.
Copy, semua yang ada disitu, dan paste di file Keyword Analyzer agan.


Nah, disini mulai bermain warna..

5. Sorting kolom KC, dari yang terbesar sampe terkecil. Kita bagi-bagi suka-suka. Saya sendiri karena males, jadi tak bagi berdasarkan jumlah aja. *evil laugh*
Kan hasil export keyword Google Keyword Planner ini ada sekitar 800 keyword tuh. Saya bagi jadi 3 bagian.

Bagian 1-300 - High Competition. Kasih warna MERAH.
Bagian 301 - 500 - Medium Competition. Kasih warna BIRU.
Bagian 501 - 800 - Low Competition. Kasih warna HIJAU.


Gak masuk akal kan ? Iya emang. Lha wong saya nyamannya begini kok. *ngakak*
Hasil jadinya gini:




6. Sorting kolom Avg. Monthly Searches, dari nilai terbesar sampai terkecil. Ini juga saya bagi suka-suka karena saya males.
Dibagi jadi 3 bagian, tapi kasih warnanya kebalikan dengan KC.

Bagian 1-300. High Volume. Kasih warna HIJAU.
Bagian 301-500. Medium Volume. Kasih warna BIRU.
Bagian 501-800. Low Volume. Kasih warna MERAH.


Hasil jadinya gini:


7. Sorting WC dari nilai terbesar ke terkecil. Biar kita bisa liat long tail keyword kita apa saja.
Nah,disitu agan bakal liat warnanya mulai gak teratur bukan ? Saatnya kita cari keyword yang potensial. Lihat gambar ya:



Keyword yang potensial itu gimana ?
1. Kalo warna HIJAU ketemu warna HIJAU
2. Kalo warna BIRU ketemu warna BIRU
3. atau, yang nggak mengandung warna MERAH. *ngakak*

Nah, dari situ, saya nemuin beberapa keyword kayak, "17 day diet recipes", "paleo diet shopping list".

Sekali lagi, pembagian-pembagian warna tadi sifatnya nggak baku ya. Kalo agan mau, bisa juga pake sistem nilai, misalnya volume searches 1000-2000 itu medium Volume, atau nilai 300.000.000-100.000.000 di KC itu high competition, dsb.

Modifikasi-modifikasinya juga bisa agan maenkan sendiri. Misal, filter CPC yang nilainya diatas $1 saja, atau filter keyword yang hanya mempunyai kata "paleo diet". Just use your imagination.

NaraSumber dari :
ekalayaseo's Avatar
Post a Comment
 
Monetize your web traffic on mobile today.
Earn highest revenues for your mobile web.

Most Reading

JASA PASANG CCTV

JASA PASANG CCTV
CCTV Indoor atau Outdoor
Powered by Blogger.