Bismillah.
Pertama-tama. Oke itu judulnya lebay.
Kedua. Akhirnya diberi kesempatan lagi buat share di forum ini. Karena
kesibukan macem-macem, sekaligus nyiapin S2 di UI (doain biar cepet
lulus ya gan). Ada juga yang rese maen negative SEO. *ngakak*
Okay. Udah banyak yang nge-share cara riset keyword kan disini. Nah,
saya mau nge-share lagi cara riset keyword yang asik bin penuh warna
Perlu diketahui, kalo rata-rata tools riset keyword kan ambil databasenya dari Google tuh. So, kita manfaatin juga itu.
Kemudian, masing-masing tools riset keyword punya algoritma sendiri buat mengecek tingkat kompetisi. Nah lho...
Sekarang pertanyaannya, gimana algoritmanya ? Nah, kalo saya gak percaya
algoritmanya gimana ? Kalo gak nyaman sama cara perhitungannya gimana ?
Ujung-ujungnya kita cari yang bisa bikin kita nyaman kan ? #tsahhhhh
Nah, cara yang bakal saya jabarin ini boleh ditiru, boleh juga engga.
Cuma, saya sih nyaman pake cara gini. Soalnya seneng, liat yang
warna-warni.
================================================== ================================================== ==
Sekarang buka aplikasi Excel agan.
1. Bikin kolom-kolom kaya gini --> Keyword, Avg. Monthly Searches, Competition, Suggested bid, KC, WC
Terus agan pilih tab INSERT, pilih Table. Kemudian check dibagian "my table has a header".
2. Nah, dibagian WC, WC ini buat ngehitung jumlah word yang ada di
keyword. Jadi biar kita bisa nyari long tail keyword. Masukin rumus ini
di kolom dibawah WC.
=LEN(TRIM([@Keyword]))-LEN(SUBSTITUTE([@Keyword]," ",""))+1
3. Kemudian dibagian KC (Keyword Competitivenes), saya pake algoritmanya
Larry's Priority [LAGI]. Itu hampir mirip kaya prinsip ekonomi sih. Ada
pasar (avg. Monthly Searches), ada penawaran (suggested bid), ada
kompetitor (Competition). Masukin rumus ini dibawah kolom KC.
=(([@[Avg. Monthly Searches]]*[@[Suggested bid]])/[@Competition])
Note: Rumus di KC ini menyesuaikan dengan nama header di tabel agan ya.
Nah, dari langkah 1-3 diatas, kita kasih nama FILE KEYWORD ANALYZER ya. Sepakat!
4. Sekarang agan masuk ke Google Keyword Planner. Disini prosesnya kaya
biasa aja, masukin general keyword yang mau agan kejar. Kemudian,
download semua list keyword ke file Excel.
Disini saya contohkan keyword "Paleo Recipe".
Setelah di download ke Excel, agan buka file tersebut, dan delete
kolom-kolom yang tidak perlu, sehingga hanya menyisakan kolom Avg.
Monthly Searches, Competition, dan Suggested bid. Termasuk, delete juga
header atau baris pertama dari kolom tersebut.
Copy, semua yang ada disitu, dan paste di file Keyword Analyzer agan.
Nah, disini mulai bermain warna..
5. Sorting kolom KC, dari yang terbesar sampe terkecil. Kita bagi-bagi
suka-suka. Saya sendiri karena males, jadi tak bagi berdasarkan jumlah
aja. *evil laugh*
Kan hasil export keyword Google Keyword Planner ini ada sekitar 800 keyword tuh. Saya bagi jadi 3 bagian.
Bagian 1-300 - High Competition. Kasih warna MERAH.
Bagian 301 - 500 - Medium Competition. Kasih warna BIRU.
Bagian 501 - 800 - Low Competition. Kasih warna HIJAU.
Gak masuk akal kan ? Iya emang. Lha wong saya nyamannya begini kok. *ngakak*
Hasil jadinya gini:
6. Sorting kolom Avg. Monthly Searches, dari nilai terbesar sampai terkecil. Ini juga saya bagi suka-suka karena saya males.
Dibagi jadi 3 bagian, tapi kasih warnanya kebalikan dengan KC.
Bagian 1-300. High Volume. Kasih warna HIJAU.
Bagian 301-500. Medium Volume. Kasih warna BIRU.
Bagian 501-800. Low Volume. Kasih warna MERAH.
Hasil jadinya gini:
7. Sorting WC dari nilai terbesar ke terkecil. Biar kita bisa liat long tail keyword kita apa saja.
Nah,disitu agan bakal liat warnanya mulai gak teratur bukan ? Saatnya kita cari keyword yang potensial. Lihat gambar ya:
Keyword yang potensial itu gimana ?
1. Kalo warna HIJAU ketemu warna HIJAU
2. Kalo warna BIRU ketemu warna BIRU
3. atau, yang nggak mengandung warna MERAH. *ngakak*
Nah, dari situ, saya nemuin beberapa keyword kayak, "17 day diet recipes", "paleo diet shopping list".
Sekali lagi, pembagian-pembagian warna tadi sifatnya nggak baku ya. Kalo
agan mau, bisa juga pake sistem nilai, misalnya volume searches
1000-2000 itu medium Volume, atau nilai 300.000.000-100.000.000 di KC
itu high competition, dsb.
Modifikasi-modifikasinya juga bisa agan maenkan sendiri. Misal, filter
CPC yang nilainya diatas $1 saja, atau filter keyword yang hanya
mempunyai kata "paleo diet". Just use your imagination.
NaraSumber dari :
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment